Manfaat Hasil Audit Bagi Pihak-Pihak Yang Bersangkutan

Perusahaan, merupakan salah satu organisasi yang memiliki tujuan untuk menjalankan suatu usaha. Yang juga mempunyai tujuan untuk memenuhi kepentingan para anggotanya. Dan setiap kemampuan yang bisa dicapai oleh suatu perusahaan, merupakan suatu prestasibagi seorang manajer perusahaan. Namun tahukah anda jika setiap perusahaan ternyata juga membutuhkan suatu tenaga kerja tambahan.

https://auditakuntansi.com/

Layaknya seorang penyedia jasa audit, yang dibutuhkan untuk melakukan proses auditing kepada suatu perusahaan yang bersangkutan. Audit sendiri sengaja dikembangkan untuk memberikan banyak manfaat bagi dunia bisnis. Khususnya pada suatu perusahaan, maupun pihak-pihak lain yang bersangkutan. Untuk bisa mendapatkan suatu hasil audit yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

Lantas apa saja manfaat laporan audit yang dihasilkan oleh jasa audit di setiap perusahaan? Berikut informasi detailnya!

Beberapa Manfaat Hasil Audit Bagi Pihak-Pihak Yang Bersangkutan

  1. Bagi Pihak Yang Diaudit (Perusahaan)

Sebagai perusahaan atau pihak yang diaudit, tentau dapat meningkatkan kreadibilitas sebuah laporan keuangan. Agar lebih dapat dipercaya sehingga dapat menjunjung kepentingan luar entitas. Seperti halnya seorang kreditor, pemegang saham, bahkan pihak pemerintah sekalipun. Selain itu, dengan audit juga dapat digunakan untuk pencegahan fraud. Bahkan juga bisa digunakan untuk menemukan fraud yang sudah terjadi. Guna mempersiapkan jika saja terjadi kesalahan maupun penyimpangan dalam catatan keuangan.

  1. Bagi Anggota Lain Dalam Dunia Usaha

Bagi anggota lain di dunia usaha yang dimaksudkan disini merupakan seorang kreditur atau karyawan perusahaan tersebut. Dengan tujuan untuk memberikan suatu dasar yang lebih. Guna untuk meyakinkan kepada pihak kreditur atau rekan lainnya, seperti perusahaan asuransi. Guna dapat menyelesaikan suatu tindakan atau klim kerugian yang diasuransikan. Selain itu proses audit juga dapat memberikan kepercayaan yang lebih untuk para investor maupun calon investor. Guna untuk memberikan penilaian dari segi investasi maupun kepengurusan managemen.

  1. Bagi Badan Pemerintahan

Audit juga bisa bermanfaat untuk badan pemerintahan atau pihak yang bergerak di bidang hukum. Sebab proses audit juga bisa digunakan untuk memberikan suatu kepastian yang bersifat independen. Mengenai kecermatan maupun keandalan suatu laporan keuangan perusahaan. Untuk dasar pengenaan pajak. Sedangkan dibidang hukum, proses audit bisa bermanfaat untuk pengurusan harta titipan, warisan, hingga penyelesaian masalah dalam kebangkrutan yang bisa saja terjadi.

Itulah beberapa manfaat hasil audit yang dihasilkan oleh jasa audit di setiap perusahaan. Yang mana setiap manfaat tersebut dapat memunculkan nilai yang positif kepada pihak-pihak yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *