Pentingnya Jasa Audit Bagi Sebuah Perusahaan

Perusahaan dapat semakin berkembang jika terus memperbaiki diri setelah dilaksanakannya program audit. Program tersebut tidak hanya berpengaruh bagi pemimpin perusahaan, para pekerja yang tergabung didalamnya juga secara tidak langsung dituntut untuk semakin bersikap profesional dimasa mendatang.

Akan tetapi, sebelumnya ada dua standar yang harus diikuti oleh pihak auditor. Kedua standar tersebut diantaranya adalah standar umum dan standar lapangan. Standar umum yang harus dimiliki seorang auditor yakni memiliki keahlian dalam melaksanakan pekerjaan tanpa memihak pihak manapun. Lalu, standar lapangan yang dimaksud yaitu mampu memberikan rekomendasi perbaikan dari kesalahan-kesalahan yang terdapat didalam laporan perusahaan.

Jenis-jenis Jasa Audit Menurut Pemeriksaan

  1. Audit Kinerja

Berdasarkan pemeriksaan, audit kinerja adalah pemeriksaan yang melibatkan instansi pemerintahan dengan tujuan menentukan bagian sisi dari 3E (Ekonomi, Efektivitas serta Efesiensi). Selain itu, jasa audit mengemban tugas dalam memperhatikan manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu instansi. Termasuk didalamnya manfaat bagi masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan, dan biaya pengeluaran yang dikeluarkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

  1. Audit Operasional

Audit operasional bekerja dalam bidang pemeriksaan secara menyeluruh. Maksudnya, seluruh bagian yang berkaitan dengan sistem operasional akan ditinjau untuk diketahui tingkat efektivitas dan efisiennya selama melakukan kinerja dalam organisasi atau instansi terkait. Pemeriksaan yang dilakukan, dimulai dari prosedur hingga metode kerja yang dilakukan oleh badan tersebut.

  1. Audit Ketaatan

Pemeriksaan ketaatan, dilakukan terhadap klien dari perusahaan yang sedang menjalani kerjasama bersama perusahaan terkait. Penilaian yang dimaksud oleh pihak auditor, yakni berkaitan dengan ketaatan dalam melaksanakan pekerjaan yang telah diberikan oleh otoritas yang lebih tinggi.

  1. Audit Laporan Keuangan

Jenis audit laporan keuangan, dilakukan oleh pihak eksternal diluar dari perusahaan yang sedang menjalani masa audit. Proses pengumpulan data serta evaluasi dari bukti laporan dilakukan secara cermat, teliti, dan rahasia. Perusahaan harus ikut serta berkonstribusi penuh dengan pihak auditor, sehingga proses pengumpulan dapat berlangsung dengan lancar. Pemeriksaan dari pihak eksternal untuk menghindari adanya kecurangan atau ketidakjujuran yang dilakukan selama audit berjalan.

Demikianlah pentingnya jasa audit bagi suatu perusahaan. Jenis audit lainnya dapat ditemukan di situs resmi ataupun website yang membahas penjelasan serupa. Semoga bermanfaat.